Workshop Budidaya Hidroponik Dosen Pendidikan IPA UNM

Workshop Budidaya Hidroponik Dosen Pendidkan IPA UNM

Gowa – Dalam rangka menjalankan TRI DARMA Perguruan Tinggi, dosen-dosen program studi Pendidikan IPA melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di setiap tahunnya. Seperti halnya tahun ini, para dosen di pendidikan IPA mengadakan workshop dengan peserta guru-guru IPA di Bantaeng sebagai mitra. Tepatnya hari Sabtu, 19 September 2020, tim dosen dengan ketua Sitti Rahma Yunus dan Nurhayani H Muhiddin sebagai anggota serta beberapa mahasiswa melakukan workshop budidaya tanaman hidroponik di perumahan subsidi Cakra hidayat Regency yang berlokasi di dusun Belaka, Desa Taeng, Kecamatan Pallangga, Gowa. Workshop ini, menurut ketua tim, dilatarbelakangi oleh kondisi perumahan subsidi yang hanya memiliki lahan yang sempit sehingga tidak memungkinkan untuk menanam tanaman yang cukup untuk kebutuhan keluarga.

Kondisi pandemi Covid 19 membuat aktivitas luar menjadi terbatas dan banyak juga masyarakat perumahan yang kehilangan mata pencaharian sehingga harus tinggal sepenuhnya di rumah. Banyak orang yang memanfaatkan kondisi ini dengan bercocok tanam. Tetapi demikian akan sulit dilakukan bagi masyarakat perumahan subsidi jika bercocok tanam secara manual atau tradisional. Inilah yang menjadi alasan mengapa workshop budidaya tanaman dengan hidroponik dilaksanakan di perumahan tersebut.

Workshop Budidaya Hidroponik
Workshop Budidaya Hidroponik

Pelaksanaan workshop ini mendapatkan respons yang positif dari warga masyarakat tersebut. Salah satu peserta bernama Asriani menuturkan bahwa Ia sangat bersemangat mengikuti kegiatan ini karena ingin menerapkan langsung, alat dan bahan yang diperlukan sangat mudah diperoleh tinggal mempelajari cara pemberian nutrisi saja. Harapan tim pengabdi adalah workshop ini dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat perumahan bahwa dengan kondisi lahan sempit dan pandemic mereka dapat memaksimalkan kegiatan di rumah dengan bercocok tanam secara hidroponik.

Leave a Reply