PKM Workshop Evaluasi Pembelajaran Online Berbasis Quizizz Bagi Guru-Guru di Pesantren Putri Yatama Mandiri

Gowa – Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Workshop Evaluasi Pembelajaran Berbasis Quizizz bagi Guru-Guru Pesantren Putri Yatama bertujuan untuk meningkatkan profesional guru pada jenjang SMP khususnya meningkatkan evaluasi pembelajaran oleh guru-guru dengan berbasis online untuk menghadapi pembelajaran di masa Pandemi Covid-19, meningkatkan ketersediaan sumber belajar digital, serta meningkatkan keunggulan dan kreatifitas guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dalam menerapkan pembelajaran berbasis digital dimasa pandemi Covid-19.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan pengaruh besar terhadap proses pembelajaran sehingga pembelajaran abad 21 mendorong guru-guru untuk memiliki pengetahuan terkait teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini sejalan dengan penilaian pembelajaran menggunakan instrument oleh salinan Quizizz.

 

Workshop Evaluasi Pembelajaran Berbasis Quizizz

Hal ini mendorong Tim Pengabdi yang diketuai Dr. Salma Samputri, M.Pd., Anggota 1 Dr. Nurhayani H. Muhiddin, M.Si., dan Anggota 2 Rifda Nur Hikmahwati Arif, S.Pd., M.Pd. untuk berbagi pengetahuan kepada guru-guru di Pondok Pesantren Putri Yatama Mandiri tentang penilaian pembelajaran secara online. Kegiatan ini terlaksana di bulan Juli dengan melibatkan 10 guru dan 4 mahasiswa pendamping.

Dosen, Guru, dan Mahasiswa

Pada kegiatan workshop, mitra akan mengikuti beberapa kegiatan di antaranya, mengikuti pelatihan penilaian berbasis online dengan aplikasi Quizizz. Quizizz adalah aplikasi gamifikasi berbasis daring gratis yang dapat dibuka melalui browser web. Melalui aplikasi ini, guru dapat menggabungkan instruksi, review dan evaluasi. Guru dapat terkoneksi dengan seluruh guru-guru di dunia dan dapat mengakses kuis daring yang dibuat oleh guru-guru lainnya secara cuma-cuma. Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan guru-guru mampu mengembangkan penilaian berbasis teknologi dengan menerapkan berbasis Quizizz.

Leave a Reply