Penyambutan Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan IPA UNM melalui Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB)

Makassar – Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Negeri Makassar (UNM) merupakan agenda tahunan yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru guna mengenali, mempersiapkan diri dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta dapat beradaptasi selama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi. Kegiatan PKKMB di lingkup Universitas Negeri Makassar dilaksanakan secara luring selama 2 hari (14 – 15 Agustus 2023) yang dimulai dengan penyambutan oleh Bapak Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng selaku Rektor pada Hari Senin, Tanggal 14 Agustus 2023. Program PPKMB dilanjutkan pada hari Selasa, Tanggal 15 Agustus di tingkat Fakultas yang dipimpin langsung oleh Dekan FMIPA UNM, Bapak Prof. Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D dan dilanjutkan di tingkat Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM yang diketuai oleh Ibu Dr. Hj. Ramlahwati, M.Si dengan rangkaian kegiatan seperti, orientasi belajar mahasiswa, pengenalan kurikulum, dan Sistem Informasi Akademik.

Penyambutan Mahasiswa Baru Tingkat Universitas
Penyambutan Mahasiswa Baru Tingkat Fakultas

Kegiatan PKKMB Tahun akademik 2023/2024 cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu adanya kegiatan penghijauan kampus FMIPA UNM. Bapak Prof. Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D selaku Dekan mengawali kegiatan PKKMB di lingkup Fakultas dengan penanaman seribu tanaman hias secara serentak oleh mahasiswa pada seluruh Prodi FMIPA UNM. Dekan berpesan agar mahasiswa baru memiliki tanggung jawab untuk terus merawat tanaman hias yang telah ditanam demi terwujudnya kampus yang hijau dan asri.

Kegiatan Penghijauan Kampus

Selain itu, mahasiswa baru juga diperkenalkan pada Lembaga kemahasiswaan yang ada baik di lingkup Prodi, Fakultas, dan Universitas. Mahasiswa baru juga mendapat motivasi dalam belajar melalui sharing ajang prestasi minat dan bakat oleh mahasiswa dan dosen Prodi Pendidikam IPA. Ketua Panitia PKKMB Prodi Pendidikan IPA, Bapak Arie Arma Arsyad, S. Pd., M. Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menjadi wahana guna menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta peduli lingkungan dan masyarakat sesuai dengan empat pilar kebangsaan, memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan civitas akademika di perguruan tinggi di Era revolusi industry 4.0 dan society 5.0 dengan mengembangkan karakter mahasiswa yang intelektual, anti-perundungan, antinarkoba, antikorupsi, dan kampus sehat sesuai dengan tujuan dilaksanakannya PKKMB Merdeka Belajar Tahun 2023.

PKKMB di lingkup Prodi Pendidikan IPA

Seluruh Civitas Akademika Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM mengucapkan SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU PRODI PENDIDIKAN IPA TAHUN AKADEMIK 2023/2024.  Salam Satu Hati dari IPA untuk Indonesia. Sampai Jumpa di PKKMB Tahun 2024!