Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Inovatif

pendidikanipa.fmipa.unm.ac.id, Makassar – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) oleh Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar telah dilaksanakan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan pembuatan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis model pembelajaran inovatif bagi guru-guru yang merupakan IKA Prodi Pendidikan IPA. Kegiatan PKM diketuai oleh Dr. Sitti Saenab, S.Pd., M.Pd. dengan beranggotakan dosen Dr. Nurhayani H. Muhiddin, M.Si., dan Sitti Rahma Yunus, S.Pd., M.Pd. serta Rizki Amalia Afdal dan Riska Amriani selaku mahasiswa yang telah terlatih dalam pembuatan LKPD berbasis model pembelajaran inovatif ini. Saat ini, pengembangan profesioalisme guru sangat dibutuhkan. Guru dituntut untuk mampu meningkatkan mutu pembelajaran melalui inovasi pembelajaran metode atau strategi mengajar yang efektif dan model pembelajaran yang inovatif. Hal-hal tersebutlah yang melatar belakangi dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini.

Kegiatan ini diawali dengan mengukur respon awal peserta pelatihan mengenai model pembelajaran inovatif lalu dilanjutkan dengan pemaparan materi umum tentang pengenalan model pembelajaran inovatif yaitu model ReCODE dan model DSI oleh ibu ketua tim PKM, Ibu Dr. Sitti Saenab, S.Pd., M.Pd. Selain pengenalan model pembelajaran inovatif, penjelasan mengenai konten dan langkah-langkah pembuatan LKPD berbasis model pembelajaran inovatif juga dilakukan. Peserta sangat antusias mengikuti sesi ini dibuktikan dengan kondisi peserta pelatihan yang aktif selama sesi pemaparan materi berlangsung.

Kegiatan selanjutnya peserta diarahkan untuk praktek pembuatan LKPD berbasis model pembelajaran inovatif. Peserta pelatihan pada tahap ini dibimbing dan didampingi langsung oleh tim PKM. Proses ini mendapat respon positif dari para peserta pelatihan.

Secara keseluruhan kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dilihat dari hasil evaluasi peserta terhadap pelatihan. Hasilnya menunjukkan bahwa kegiatan ini terlaksana dengan sangat efektif sesuai tujuan awalnya. Kualitas materi sangat baik dimana materi yang diangkat sangat relevan terhadap kebutuhan guru masa kini yang juga didukung oleh instruktur yang sangat baik dalam penyampaian materi. Menurut para peserta, melalui pelatihan ini sudah sangat cukup memberikan kesempatan untuk berlatih dan berinteraksi.