Selamat! Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM Raih Akreditasi Unggul

pendidikanipa.fmipa.unm.ac.id, Makassar – Program Studi (Prodi) Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) sukses meraih akreditasi Unggul.

Hal ini berdasarkan SK Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) Nomor 487/SK/LAMDIK/Ak-BDG/S/V/2023 tertanggal Rabu, 3 Mei 2023.

Ketua Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM, Dr. Hj. Ramlawati, M.Si., menjelaskan bahwa akreditasi Unggul ini diraih melalui beberapa tahapan.

“Mulai dari pembentukan tim kerja, display data kuantitatif dan kualitatif, simulasi bersama UPPS, verifikasi dan evaluasi internal, serta tahap finalisasi dengan menghadirkan dokumen pendukung lainnya,” ungkapnya.

Ramlawati juga menerangkan adanya beberapa faktor pendukung dan kendala dalam proses akreditasi tersebut.

“Terima kasih atas dukungan pimpinan universitas, pimpinan fakultas, terutama Pak Dekan FMIPA UNM yang secara bersama sama senantiasa melakukan simulasi internal, juga dukungan landasan kebijakan, tata kelola, pelayanan serta infrastruktur PT dan UPPS,” terangnya.

“Adapun kendala yaitu kurangnya sarana prasarana, terutama laboratorium pendidikan ipa, juga SDM dosen yang masih kurang,” sambungnya.

Dirinya pun berharap agar Prodi yang dinahkodainya itu dapat memiliki karakter pendidik berjiwa entrepreneurship, juga menghasilkan luaran yang kreatif dan dinamis dalam menjawab tantangan masa depan.

Diketahui dengan pencapaian akreditasi ini, Pendidikan IPA menjadi Prodi ke 10 di FMIPA yang meraih akreditasi Unggul.

“Alhamdulillah, ini menjadi kesyukuran kita semua di UNM, terlebih bagi teman teman FMIPA yang dalam waktu dua bulan terakhir, 3 Prodi terakreditasi unggul,” kata Dekan FMIPA UNM Makassar, Prof. Drs. Suwardi Annas, M.Si., Ph.D.

Senada, Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN-Eng. selaku Rektor UNM Makassar turut mengapresiasi pencapaian tersebut.

“Alhamdulillah, sukses selalu bagi Prodi Pendidikan IPA FMIPA. Terima kasih atas kesungguhan, keikhlasan dan kesabarannya semua,” tukasnya.