Workshop Nasional Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru IPA

Makassar – Workshop Nasional Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru IPA bertajuk Peningkatan Kompetensi Guru dalam Publikasi Artikel Ilmiah pada Jurnal Terakreditasi yang dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan IPA, Universitas Negeri Makassar telah sukses dilaksanakan selama enam hari dari tanggal 9 hingga 14 Januari 2022. Workshop yang diadakan secara daring ini diikuti oleh 84 orang Guru IPA dari seluruh penjuru tanah air yang juga merupakan Alumni Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Adapun pemateri pada kegiatan kali ini terdiri atas tiga orang yaitu Dr. Parmin, M.Pd. yang menyampaikan materi Pentingnya penelitian dan publikasi artikel ilmiah bagi guru,  Dr. Arsad Bahri, S.Pd., M.Pd., yang menyampaikan materi Metode penulisan artikel ilmiah (Penelitian tindakan kelas dan penelitian eksperimen), dan Ahmad Dahlan, S.Pd., M.Pd. yang menyampaikan materi teknis publikasi artikel pada jurnal ilmiah berbasis online serta dimoderatori oleh Muh. Aqil Rusli, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Salma Samputri, S.Pd., M.Pd.

Pemateri pertama: Dr. Parmin, M.Pd.

Pemateri kedua: Dr. Arsad Bahri, S.Pd., M.Pd.

Pemateri ketiga: Ahmad Dahlan, S.Pd., M.Pd.

Peserta yang telah diberikan materi selanjutnya mengikuti pendampingan publikasi artikel ilmiah yang dimentori oleh Dr. Hj. Ramlawati, M.Si., Dr. Nurhayani H. Muhiddin, M.Si., Dr. Jusniar, S.Pd., M.Pd., Dr. Sitti Saenab, S.Pd., M.Pd., Dr. Muhiddin P, S.Pd., M.Pd., dan Sitti Rahma Yunus, S.Pd., M.Pd. Penulisan karya tulis ilmiah semacam ini diyakini dapat meningkatkan kemampuan profesionalisme guru sekaligus memperbaiki kualitas pembelajaran yang disampaikannya di dalam kelas. Diharapkan melalui kegiatan ini, Guru IPA seluruh Indonesia dapat termotivasi dan terus melakukan publikasi artikel ilmiah terkait permasalahan peserta didik maupun guru yang terjadi di dalam kelas.

Sesi foto bersama

Leave a Reply