Workshop Bioteknologi Soyghurt oleh Dosen Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM

Sulbar – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Program Studi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Makassar melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 24 – 25 Juni 2022 di SMPN 1 Tinambung Kabupaten Poliwali Mandar. Kegiatan ini berupa workshop pembuatan produk bioteknologi Soyghurt untuk guru-guru anggota MGMP IPA wilayah 4 Kab. Polewali Mandar. Tim PKM diketuai oleh Dr. Nurhayani H. Muhiddin, M.Si. dengan beranggotakan dosen Sitti Rahma Yunus, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Sitti Saenab, S.Pd., M.Pd. serta beberapa mahasiswa yang telah terlatih dalam pembuatan produk bioteknologi soyghurt. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh dibutuhkannya inovasi dan produk baru dalam pembelajaran bioteknologi di sekolah.

Workshop pembuatan produk bioteknologi Soyghurt ini diawali dengan pemaparan materi umum tentang bioteknologi yoghurt, adanya inovasi Soyghurt yaitu yoghurt yang berbahan dasar kacang kedelai, manfaatnya bagi kesehatan dan informasi umum lainnya. Peserta sangat antusias menyimak ulasan materi dan menyaksikan tayangan video proses pembuatan Soyghurt. Selanjutnya peserta mengikuti demonstrasi pembuatan Soyghurt yang dibimbing langsung oleh Tim PKM.

Pemaparan Materi oleh Ketua Tim PKM, Dr. Nurhayani H. Muhiddin, M.Si.

Peserta sangat serius mengikuti semua tahapan pembuatan soyghurt. Tahap akhir demonstrasi Tim PKM memberi setiap peserta sampel produk Soyghurt untuk uji organoleptik. Semua peseta tertarik untuk segera praktek membuat soygyurt setelah mereka mencicipi contoh produk Soyghurt yang dibagikan oleh Tim PKM.

Demonstrasi Pembuatan Soyghurt

Uji Organoleptik Produk Soyghurt

Proses pembuatan Soyghurt yang mudah dengan bahan yang terjangkau mendapat respons positif dari guru-guru peserta pelatihan. Peserta pelatihan aktif bertanya mengenai proses pembuatan soyghurt dan variasi bahan yang dapat digunakan. Selain menambah wawasan inovasi produk untuk diajarkan pada materi bioteknologi kepada peserta didik. Produk Soyghurt juga dapat dijadikan minuman susu fermentasi bebahan dasar protein nabati yang fungsional, lezat bergizi untuk keluarga.

Leave a Reply