Kuliah Umum: How to survive in the society 5.0 Era: Persiapan Mahasiswa Baru dalam Memasuki Dunia Kampus

Makassar – Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM menyelenggarakan Kuliah Umum dengan tema How to survive in the society 5.0 Era: Persiapan Mahasiswa Baru dalam Memasuki Dunia Kampus, pada hari Jum’at, tanggal 18 Agustus 2023 bertempat di Lantai 11 Gedung FMIPA UNM. Narasumber dalam kuliah umum ini yaitu Bapak Faisal, S.Pd., M.Pd., Ph.D yang merupakan dosen Pendidikan Biologi FMIPA UNM. Beliau meraih gelar Doktor Pendidikan Biologi di Seoul National University (SNU), Korea Selatan. Narasumber didampingi oleh Bapak Irwandi Rahmat, S.Pd., M.Ed selaku moderator. Kuliah umum ini dihadiri oleh Ketua Prodi Pendidikan IPA, Ibu Dr. Hj. Ramlahwati, M.Si, Dosen, dan mahasiswa Prodi IPA FMIPA UNM.

Narasumber memberikan beberapa tips bagi mahasiswa baru dalam memasuki dunia kampus diantaranya, belajar untuk mandiri, mengatur keuangan, hidup teratur, disiplin, dan yakin pada kemampuan diri. Selain itu, beliau juga membagi pengalaman untuk melanjutkan Pendidikan di luar negeri, mulai dari persiapan, mendaftar ke kampus tujuan, dan informasi beasiswa, serta gambaran kehidupan kampus di Seoul, Korea Selatan. Beliau juga berpesan agar mahasiswa berperan aktif dalam perkuliahan dan kegiatan ektrakurikuler kampus, seperti Organisasi lokal kedaerahan, himpunan mahasiswa, Penalaran, dan lainnya, serta memperbanyak wawasan dengan membaca, menulis, dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris.

Melalui penyelenggaraan kuliah umum ini, diharapkan memberikan kontribusi positif bagi mahasiswa baru dan dosen untuk lebih semangat dalam menjalani aktivitas akademik dan non-akademik. Selain itu, dosen dan mahasiswa termotivasi untuk melanjutkan Pendidikan baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Secara spesifik Beliau berharap agar mahasiswa serta alumni Prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM dapat mengikuti jejaknya melanjutkan Pendidikan di luar negeri dengan mempersiapkan diri sejak dini (Nur Indah Sari).