Sosialisasi Program Kerja KKN-Tematik Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM di Desa Sicini

Gowa – Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) dari Program Studi Pendidikan IPA FMIPA UNM mengadakan kegiatan sosialisasi program kerja pada hari Senin, 05 September 2022 pukul 10.00 WITA, bertempat di Balai Pertemuan Desa Sicini, Kec. Parigi, Kab. Gowa. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta arah gerak dari semua program yang akan dilaksanakan tim KKN-T selama kurang lebih 3 bulan di lokasi. Dihadiri oleh Kepala Desa yang diwakili oleh Sekretaris Desa, ketua BKD, Bhabinkamtibmas, Kelompok Tani, Ketua Karang Taruna, Kepala Sekolah dan guru, Kepala Dusun, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan warga Desa Sicini.

KKN-T merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran dari program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memberikan kesempatan mengasah minat dan bakat mahasiswa dengan terjun langsung ke lapangan (membangun desa). Kegiatannya mahasiswa selama pelaksanaan KKN-T akan dikonversi ke satuan kredit semester (SKS) masing-masing mahasiswa yang setara dengan 20 SKS. Program KKN Tematik ini akan memberikan pengalaman untuk hidup di tengah masyarakat di luar kampus. Bersama dengan masyarakat setempat, mahasiswa diharapkan mengidentifikasi potensi dan memberikan solusi sehingga kedatangan mahasiswa akan bisa mengembangkan potensi desa atau daerah tersebut. KKN-T juga diharapkan dapat mengasah ilmu, softskill dan leadership mahasiswa bersangkutan.

Tim KKN-T Desa Sicini Program Studi Pendidikan IPA terdiri 11 orang mahasiswa yaitu Syahrir sebagai koordinator Desa, Rahmat Hidayat, Khaerunnisa, Reski Amelia, Elgi Rumantir, Nirwana, Nur Fadilah S, Nur Kholiffa Andriani Massi, Nurainun, Nurul Muchlisa Maulidya, dan St. Zahrah. Tim KKN-T ini dibimbing oleh Dr. Sitti Saenab, S.Pd., M.Pd.

Tim KKN-T bersama Dosen Pembimbing

Pemaparan Program Kerja

Dalam kegiatan sosialiasi program kerja ini dipaparkan semua program kerja yang akan dilaksanakan oleh tim KKNT Desa Sicini. Adapun program kerja dari KKN Tematik Desa Sicini adalah :1) 3G (Go green, Go Clean, and Go Healthy). Adapun kegiatan yang akan dilakukan dalam 3G, ini ialah pembuatan taman, kegiatan kerja bakti dalam membersihkan lingkungan desa, dan melakukan senam sehat. 2) Pembenahan Fasilitas Desa. Pembenahan dalam hal ini dilaksanakan dengan membuat web desa. Website desa adalah sebuah situs yang mencakup informasi desa, berita, hingga progres kerja pemerintah atau lembaga yang berada di suatu desa. 3) Lapak Baca Kita (LACAK). Lapak Baca adalah suatu wadah bagi masyarakat Desa Sicini khususnya anak-anak atau remaja untuk melihat, memahami dan melafalkan apa yang terdapat didalam buku dengan duduk diatas lapik atau tikar. 4) M3Qur’an (Membaca, Menulis, dan Menghafal Al-Qur’an). Maksud dari dilakukannya kegiatan ini adalah untuk membantu anak Desa Sicini agar bisa mempelajari Al-Qur’an secara luas sesuai dengan hukum bacaan Al-Qur’an dan juga membantu guru mengaji di Desa tersebut dalam mengajar Al-Qur’an. 5) DISLAP (Dunia Sains, Lingkungan, dan Praktikum). Program ini berupa pembelajaran Sains (IPA) berbentuk praktikum dan memanfaatkan lingkungan sebagai laboratorium alam. Sasaran dari kegiatan ini adalah peserta didik SD dan SMP di Desa Sicini.. 6) Pembuatan Produk Bioteknologi. Pembuatan produk bioteknologi merupakan program kerja yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengolah hasil pertanian di Desa Sicini dengan memanfaatkan produk bioteknologi menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual.

Diskusi Program Kerja KKN-T

Animo warga Desa Sicini terhadap program yang akan dilaksanakan sangat besar, hal ini ditunjukkan dengan antusiasme mereka dalam bertanya dan memberikan saran sekaligus informasi terkait program-program yang dapat bersinergi dengan program mahasiswa. Dari Karang Taruna yang diwakili oleh Iqbal memberikan saran agar program kerja KKN-T dapat menyentuh seluruh Dusun yang ada di Desa Sicini. Kepala sekolah MA, SMP, dan SD berharap mahasiswa dapat membantu dalam mengajar tentunya dengan menggunakan metode pembelajaran yang inovatif agar motivasi siswa meningkat, dari Kepala Dusun berharap mahasiwa dapat memanfaatkan fasilitas yang terdapat di dusun dalam rangka menumbuhkan literasi pada warga Desa Sicini. Bapak Erwin S.Pd selaku Kepala Laboratorium SMP Negeri 2 Parigi berharap kedatangan mahasiswa dapat membantu pelaksanaan praktikum di sekolah yang selama ini jarang dilakukan meskipun fasilitas laboratorium sudah memadai, guru pembina KIR ibu Herlin S.Pd juga berharap mahasiswa dapat membantu dalam pengembangan KIR di sekolah. Selain itu dari perwakilan Kelompok Tani juga banyak berharap dengan keberadaan mahasiswa dapat memberikan informasi dan tata cara pengolahan serta peningkatan hasil pertanian dengan penggunaan pupuk organik. Semua saran yang telah disampaikan disambut baik oleh Tim KKN-T karena bersinergi dengan program kerja yang telah direncanakan.

Dari sekian banyak program yang diusulkan dan diharapkan oleh warga Desa Sicini hampir sebagian besar berharap mahasiswa dapat membantu dalam pengembangan literasi warga Desa Sicini. Untuk itu Tim KKN-T akan segera menindaklanjuti segala saran warga Desa Sicini yang mungkin untuk segera dilakukan. Di akhir kegiatan ini, Sitti Saenab selaku dosen pembimbing lapangan menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Sicini karena berkenan menerima dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk turut andil dalam membangun desa. Tidak jauh berbeda dari dosen pembimbing Syahrir selaku koordinator dalam KKN-T pun menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan bantuan serta kerja sama seluruh warga desa Sicini demi kelancaran program yang telah dicanankan.

Leave a Reply